Layanan Universitas
Terbuka Aceh

  • Program Studi

    Terakreditasi A & B

  • Layanan Internasional

    Tersebar di 50 Negara

  • 39 UT Daerah

    Seluruh Indonesia

Pembukaan Pendaftaran Mahasiswa Baru Sarjana S1 2025.2

Hari:
Jam:
Menit:
Detik:

Jadilah yang pertama Mendaftar di UT Aceh

FORM VISITOR UT ACEH - NEW
  • Keunggulan
  • Jadwal
  • Persyaratan
  • RPL
  • Sipas
  • Biaya SPP

Keunggulan Universitas Terbuka

Terakreditasi BAN-PT

UT telah memperoleh Akreditasi Institusi dan Program Studi dengan peringkat A & B

Tersedia Alih Kredit

Pengakuan mata kuliah  yang sudah pernah ditempuh pada perguruan tinggi lain

Kuliah Sambil Kerja

Waktu kuliah fleksibel dilaksanakan secara daring sehingga tidak mengganggu waktu kerja 

Tanpa Biaya Pembangunan

Kuliah di Universitas Terbuka bebas biaya pembangunan hanya UKT saja

Biaya Terjangkau

Biaya pendidikan relatif murah & terjangkau untuk semua kalangan mulai dari 35.000 /SKS 

Kuliah Online & Tatap Muka

Kuliah bisa dimana saja melalui online dan/atau  melalui tatap muka secara langsung bersama tutor

Terbuka Semua Usia

Kuliah di UT tanpa batasan usia, semua bisa mewujudkan mimpinya menjadi sarjana

Tanpa Batasan Tahun Ijazah

Tidak perlu khawatir bila kamu sudah lama lulus, kuliah di UT tanpa batasan tahun lulus ijazah

Masih Bingung Kuliah Dimana?

Universitas Terbuka, kuliah online bisa dimana aja

  • Sarjana
  • Pascasarjana
Jadwal Admisi Program Sarjana & Diploma 2024/2025 Genap – 2025.1
  • Pendaftaran Non RPL

    17 Oktober 2024 – 17 Februari 2025

  • Pendaftaran RPL Alih Kredit

    18 November 2024 – 30 Januari 2025

  • Pembayaran Admisi Non RPL

    17 Oktober 2024 – 21 Februari 2025

  • Unggah Berkas Non RPL

    17 Oktober 2024 – 25 Februari 2025

  • Pembayaran Admisi RPL

    18 November 2024 – 30 Januari 2025

  • Unggah Berkas RPL

    18 November 2024 – 05 Februari 2025

  • Registrasi Matakuliah

    17 Oktober 2024 – 12 Maret 2025

  • Pembayaran Uang Kuliah

    17 Oktober 2024 – 12 Maret 2025

Informasi lebih lanjut silahkan klik link berikut
Jadwal Admisi Sekolah Pascasarjana2025/2026 Ganjil – 2025.2
dibuka mulai12 Februari 2025
  • sampai dengan

    16 April 2025

  • Pembayaran Admisi

    13 Februari – 21 April 2025

  • Tes Masuk

    24 – 25 Mei 2025

  • Pengumuman

    18 Juni 2025

Informasi lebih lanjut silahkan klik link berikut
Persyaratan UmumPersyaratan RPL Alih Kredit
• Upload Pas Foto (3x4)• Fotocopy Transkrip Nilai (Legalisir Cap Basah)
• Upload Fotocopy Ijazah Terakhir (Legalisir Cap Basah)• Screenshot PDDIKTI/Surat Penyelenggaraan
• Upload Form Pernyataan Keabsahan Dokumen Lihat• Ijazah SLTA Asli
• Upload KTP Asli• Daftar Riwayat Hidup
 • SK CPNS/Yayasan Prodi Pendidikan FKIP
• Surat Keterangan Mengajar min 1 Tahun  Prodi Pendidikan FKIP

Tentang RPL Alih Kredit

Apa itu Program Kuliah Jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau)RPL atau Alih Kredit adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu

RPL terdiri atas dua tipe, yaitu Tipe A dan Tipe B. RPL Tipe A adalah RPL yang dilakukan berdasarkan inisiatif individu untuk keperluan melanjutkan pendidikan formal di UT melalui penilaian dan pengakuan kesetaraan Capaian Pembelajaran (CP) dengan satu atau lebih mata kuliah dalam kurikulum program studi. RPL untuk melanjutkan pendidikan formal pada Perguruan Tinggi (RPL Tipe A) dilakukan melalui pengakuan CP secara parsial.
Pengakuan CP secara parsial dilakukan melalui pengakuan hasil belajar yang diperoleh dari

a. Transfer sks dari pendidikan formal didasarkan pada kesetaraan CP mata kuliah dari program studi pada Perguruan Tinggi (PT) sebelumnya dengan mata kuliah pada program studi di UT;

b. Perolehan sks dari pendidikan fnonformal/informal/pengalaman kerja dan dapat dikombinasikan dengan CP pendidikan formal. Kompetensi tersebut diperoleh setelah lulus jenjang pendidikan menengah atau yang sederajat.

Biaya pengajuan RPL Rp.300.000 + Biaya Admisi Rp.100.000 Total biaya pendaftaran RP.400.000

SISTEM NON PAKET SEMESTER (NON SIPAS)

• Untuk mahasiswa Non Sipas memilih sendiri mata kuliah yang akan diregistrasikan per semester dengan mengacu pada paket semester dalam katalog kurikulum program studi masing-masing.

• Jumlah sks mata kuliah yang dapat diregistrasikan untuk semester 1 dan 2 maksimal 20 sks, untuk semester 3 dan seterusnya maksimal 24 sks termasuk mahasiswa Non Sipas.

SISTEM PAKET SEMESTER (SIPAS) NON TTM

• Mahasiswa tidak perlu memilih mata kuliah yang akan diregistrasikan karena sistem sudah otomatis menetapkan paket mata kuliah yang harus ditempuh pada semester yang sesuai, kecuali untuk matakuliah yang mengulang

• Jumlah sks mata kuliah yang dapat diregistrasikan untuk semester 1 dan 2 maksimal 20 sks, untuk semester 3 dan seterusnya maksimal 24 sks termasuk mahasiswa Non Sipas.

• Khusus mahasiswa SIPAS Non TTM dan Sipas Fully Online apabila mahasiswa tidak melakukan registrasi paket mata kuliah pada suatu semester, maka mahasiswa tersebut tidak memiliki paket tertinggal. Secara otomatis paket tertinggal tersebut akan diregistrasikan pada semester berikutnya.

SISTEM PAKET SEMESTER (SIPAS) SEMI

• Mahasiswa tidak perlu memilih mata kuliah yang akan diregistrasikan karena sistem sudah otomatis menetapkan paket mata kuliah yang harus ditempuh pada semester yang sesuai

• Jumlah sks mata kuliah yang dapat diregistrasikan untuk semester 1 dan 2 maksimal 20 sks, untuk semester 3 dan seterusnya maksimal 24 sks termasuk mahasiswa Non Sipas.

• Bagi mahasiswa SIPAS (plus/penuh dan semi) yang tidak melakukan registrasi setiap semester secara berkelanjutan maka akan memiliki paket tertinggal (paket mata kuliah yang tidak ditempuh pada semester berjalan). matakuliah pada semester tidak aktif tersebut dapat diambil dan tdak dikenakan biaya selama paket semester tertinggal sudah dibayarkan. apabila matakuliah tersebut diambil sebagai matakuliah mengulang maka akan dikenakan biaya matakuliah ulang.

• Untuk mendapatkan layanan ini calon mahasiswa wajib konfirmasi ke UPBJJ untuk tergabung dalam kelompok belajar (Pokjar)

SISTEM PAKET SEMESTER (SIPAS) PENUH

• Mahasiswa tidak perlu memilih mata kuliah yang akan diregistrasikan karena sistem sudah otomatis menetapkan paket mata kuliah yang harus ditempuh pada semester yang sesuai

• Jumlah sks mata kuliah yang dapat diregistrasikan untuk semester 1 dan 2 maksimal 20 sks, untuk semester 3 dan seterusnya maksimal 24 sks termasuk mahasiswa Non Sipas.

• Bagi mahasiswa SIPAS (plus/penuh dan semi) yang tidak melakukan registrasi setiap semester secara berkelanjutan maka akan memiliki paket tertinggal (paket mata kuliah yang tidak ditempuh pada semester berjalan). matakuliah pada semester tidak aktif tersebut dapat diambil dan tdak dikenakan biaya selama paket semester tertinggal sudah dibayarkan. apabila matakuliah tersebut diambil sebagai matakuliah mengulang maka akan dikenakan biaya matakuliah ulang.

SISTEM PAKET SEMESTER (SIPAS) PLUS

• Mahasiswa tidak perlu memilih mata kuliah yang akan diregistrasikan karena sistem sudah otomatis menetapkan paket mata kuliah yang harus ditempuh pada semester yang sesuai

• Jumlah sks mata kuliah yang dapat diregistrasikan untuk semester 1 dan 2 maksimal 20 sks, untuk semester 3 dan seterusnya maksimal 24 sks termasuk mahasiswa Non Sipas.

• Bagi mahasiswa SIPAS (plus/penuh dan semi) yang tidak melakukan registrasi setiap semester secara berkelanjutan maka akan memiliki paket tertinggal (paket mata kuliah yang tidak ditempuh pada semester berjalan). matakuliah pada semester tidak aktif tersebut dapat diambil dan tdak dikenakan biaya selama paket semester tertinggal sudah dibayarkan. apabila matakuliah tersebut diambil sebagai matakuliah mengulang maka akan dikenakan biaya matakuliah ulang.

1. Pembayaran Byond by BSI
• Pilih Menu Bayar & Beli
• Pilih Akademik kemudian
• Ketik & pilih UNIVERSITAS TERBUKA
Masukkan Nomor Tagihan pada Biling dan klik “Cek Tagihan”
• Kemudian akan muncul Layar Validasi Tagihan
• Jika sudah sesuai, klik “Konfirmasi”
• Selesai 

Lihat semua panduan

2. Pembayaran Melalui BSI MOBILE
• Pilih Menu Bayar / Payment.
• Pilih Akademik kemudian pilih rekening pembayaran.
• Ketik UNIVERSITAS TERBUKA
Masukkan Masukkan Nomor Tagihan pada Biling dan pilih “Lanjut”
• Kemudian akan muncul Layar Validasi Tagihan.
• Kemudian pilih “Selanjutnya” untuk submit.
• Selesai

Lihat semua panduan

3. Alfamart
• Cetak Biling LIP pada laman myut.ut.ac.id atau admisi-sia.ut.ac.id
• Datang ke Alfamart terdekat
• Berikan Nomor Tagihan/Biling LIP pada petugas kasir
• Konfirmasi kebenaran Nomor Tagihan dan Nama Mahasiswa
• Lakukan proses pembayaran sesuai LIP
• Fotocopy dan simpan bukti pembayaran
• Selesai
4. Indomaret
• Cetak Biling LIP pada laman myut.ut.ac.id atau admisi-sia.ut.ac.id
• Datang ke Indomaret terdekat
• Berikan Nomor Tagihan/Biling LIP pada petugas kasir
• Konfirmasi kebenaran Nomor Tagihan dan Nama Mahasiswa
• Lakukan proses pembayaran sesuai LIP
• Fotocopy dan simpan bukti pembayaran
• Selesai

Program Studi

Program Studi Sarjana Diploma dan Pascasarjana S2 & S3 yang Terakreditasi BAN-PT

  • FKIP
  • FHISIP
  • FEB
  • FST
  • MAGISTER S2
  • DOKTOR S3

Layanan Akademik

UT Sebagai Cyber University memiliki beragam Aplikasi Layanan yang dapat diakses kapan saja secara online

  • Lihat Semua Layanan