• Jl. Pendidikan, Punge Blang Cut, Kota Banda Aceh
  • +62 651 44750
Apa Saja Program Studi & Akreditasi Universitas Terbuka Aceh

Berikut daftar Program Studi dan Akreditasi Universitas Terbuka 

Bagaimana Cara Mendaftar di Universitas Terbuka Aceh

Berikut jalur pendaftaran Universitas Terbuka Aceh

– Pendaftaran secara mandiri melalui online admisi-sia.ut.ac.id

– Pendafatran langsung di Kantor UT Aceh yang beralamat di
Jl. Pendidikan, Punge Blang Cut, Kec. Jaya Baru, Kota Banda Aceh

– Pendafatran melalui SALUT – Sentra Layanan Universitas Terbuka
silahkan lihat daftar SALUT resmi UT Aceh melalui 
aceh.ut.ac.id/salut

Apa Saja Persyaratan Pendaftaran di Universitas Terbuka Aceh
Persyaratan UmumPersyaratan RPL Alih Kredit
• Upload Pas Foto (3×4)• Fotocopy Transkrip Nilai (Legalisir Cap Basah)
• Upload Fotocopy Ijazah Terakhir (Legalisir Cap Basah)• Screenshot PDDIKTI/Surat Penyelenggaraan  Lihat
• Upload Form Pernyataan Keabsahan Dokumen Lihat• Ijazah SLTA Asli
• Upload KTP Asli• Daftar Riwayat Hidup Lihat
 • SK CPNS/Yayasan Prodi Pendidikan FKIP
• Surat Keterangan Mengajar min 1 Tahun  Prodi Pendidikan FKIP
Berapa Biaya SPP Universitas Terbuka

Berikut biaya SPP setiap Program Studi Universitas Terbuka Aceh

Panduan Pembayaran SPP

1. Byond by BSI
• Pilih Menu Bayar & Beli
• Pilih Akademik kemudian
• Ketik & pilih UNIVERSITAS TERBUKA
• Masukkan Nomor Tagihan atau 12 Digit Nomor VA BSI yang ada pada LIP, dan klik  “Cek Tagihan”
• Kemudian akan muncul Layar Validasi Tagihan
• Jika sudah sesuai, klik “Konfirmasi”
• Masukan PIN
• Selesai 

2. Pembayaran Melalui BSI MOBILE
• Pilih Menu Bayar / Payment.
• Pilih Akademik kemudian pilih rekening pembayaran.
• Ketik UNIVERSITAS TERBUKA
• Masukkan Kode Bayar yaitu 12 Digit Nomor VA BSI yang ada di LIP, dan pilih “Lanjut”
• Kemudian akan muncul Layar Validasi Tagihan.
• Kemudian pilih “Selanjutnya” untuk submit.
• Selesai

Silahkan lihat panduan melalui aceh.ut.ac.id/pembayaran

Apa Perbedaan RPL & Non RPL

Apa itu Program Kuliah Jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau)RPL atau Alih Kredit adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, non formal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu

JIka anda pernah kuliah sebelumnya dengan ijazah D3 dan ingin melanjutkan S1 di UT maka dapat mengajukan RPL Transfer

Bila anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya maka dapat mengajukan RPL Perolehan yang dibuktikan dengan sertifikat

Selengkapnya  aceh.ut.ac.id/alih-kredit

Apa Perbedaan Sipas & Non Sipas

– SIPAS – Sistem Paket Semester

– Non SIPAS – Sistem Non Paket Semester

Silahkan lihat perbedaan Sipas & Non Sipas  melalui laman aceh.ut.ac.id/sipas-non-sipas

Cara Registrasi Mata Kuliah

Silahkan registrasi mata kuliah melalui laman myut.ut.ac.id

– Login melalui myut.ut.ac.id
– Klik menu Registrasi
– Registrasi Mata Kuliah
– Tentukan alamat pengiriman bahan ajar
– Pilih Lokasi Ujian
– Masukan kode Mata Kuliah (Lihat LKAM)
– Centang pilihan Tutorial Online
– Klik Registrasikan Mata Kuliah

Lihat panduan aceh.ut.ac.id/registrasi-mk

Bagaimana Cara Registrasi TAP & Karya Ilmiah

Silahkan registrasi TAP dan Karil melalui laman myut.ut.ac.id

– Untuk dapat melakukan registrasi TAP dan Karil mahasiswa harus memenuhi syarat lulus matakuliah pendukung aceh.ut.ac.id/syarat-tap
– Saat registrasi TAP silahkan masukan kode MK TAP saja tanpa MK karil karena MK karil akan teregistrasi bersamaan dengan TAP

Lihat panduan aceh.ut.ac.id/registrasi-mk

Bagaimana Cara Reset Email Ecampus Login MyUT

Berikut panduan singkat reset Email Ecampus saat login MyUT

– Akses laman myut.ut.ac.id/auth/cek-status-ecampus
– Isi NIM
– Isi Tanggal Lahir
– Isi Nama Ibu
– Klik Cek Akun Ecampus dan/atau Reset Akun Ecampus

Setelah reset, password akan berubah menjadi default Ut+Tanggal Lahir (Contoh Ut17081945)

Selanjutnya silahkan login ecampus.ut.ac.id dan update dengan password yang baru pastikan password berisi huruf besar dan angka (Contoh MyUT@2025)

Lihat panduan https://aceh.ut.ac.id/reset-myut/

Bagaimana Cara Cek Transkip Nilai Keseluruhan - LKAM

Berikut langkah singkat cek transkip nilai semua semester – LKAM melalui MyUT

– Login ke myut.ut.ac.id
– Pilih Menu Ujian
– Klik LKAM
– Klik Cetak untuk menyimpan file pdf

Lihat panduan https://aceh.ut.ac.id/lkam

Bagaimana Cara Aktivasi Wifi.id Mahasiswa UT

Berikut langkah aktivasi wifi.id melalui MyUT

– Login ke myut.ut.ac.id
– Pilih Profil
– Klik Layanan Mahasiswa
– Isikan password wifi.id yang mudah diingat berupa huruf dan angka
– Klik Aktivasi wifi.id

Panduan Koneksi Wifi.id

– Koneksikan perangkat anda pada SSID @Wifi.id
– Akan tampil Landing Page login Wifi.id
Klik Komunitas pilih Kampus
– Isikan Username nim@ut.ac.id (Contoh 012345678@ut.ac.id)
– Isikan Password saat aktivasi akun, pastikan ejaan benar huruf kecil, besar dan tanda baca
– Klik Login

Bagaimana Cara Aktivasi Tutorial Online

Langkah aktivasi akun elearning.ut.ac.id bagi mahasiswa baru

– Akses laman elearning.ut.ac.id
– Isikan NIM, Tanggal, Bulan, Tahun lahir, Email Ecampus dan Nomor Hp
– Klik Kirim
– Klik link verifikasi yang dikirim ke email saat mendaftar
– Silahkan login kembali pada laman elearning.ut.ac.id/login dengan memasukan username NIM saja tanpa @ecampus.ut.ac.id dan kata sandi yang yang dikiirm ke Email saat mendaftar

Lihat panduan melalui aceh.ut.ac.id/panduan-tuton

Bagaimana Cara Reset Akun Tutorial Online

Langkah reset password akun elearning.ut.ac.id bagi mahasiswa baru

Langkah 1
– Akses laman elearning.ut.ac.id
– Isikan Email saat aktivasi akun
– Klik Search atau Cari
– Cek link reset password yang dikirim ke Email 
– Klik reset password dan isi password baru yang mudah diingat
– Login ulang dengan username NIM dan password yang baru

Langkah 2
– Akses laman aceh.ut.ac.id/chatbot
– Klik Buka Chatbot
– Pilih Layanan IT
– Klik Reset Pass Ecampus
– Isikan NIM
– Isikan NIK
– Tanggal Lahir 
– Masukan password baru yang mudah diingat
– Konfirmasi kebenaran data dan klik Yes

Lihat panduan melalui aceh.ut.ac.id/panduan-tuton

Bagaimana Cara Isi Form Setujui Tutorial Online

1. Login Elearning melalui Ecampus akun MyUT
– Akses https://elearning.ut.ac.id/login/
– Klik Continue with SSO O365-UT
– Isikan email nim@ecampus.ut.ac.id serta password ecampus
– Selesai

2. Login dengan sandi default Ut+tanggal lahir
– Akses https://elearning.ut.ac.id/login/
– Masukan Username NIM ( Contoh 012345678 )
– Masukan Password Ut+Tanggal Lahir ( Contoh : Ut05121980 )

Pastikan anda sudah melakukan aktivasi dan link yang dikirim ke email
https://sl.ut.ac.id/aktivasi-akun-tuton

Setelah berhasil login Tutorial Online silahkan klik FORM KESEDIAAN MENGIKUTI TUTON dan pilih setujui, kemudian simpan
Bila muncul keterangan Maaf, Anda Belum Registrasi MATA KULIAH di Aplikasi SRS / SIA.

– Login myut.ut.ac.id
– Klik menu Registrasi dan pilih Update Tutorial Online
– Klik Mengikuti semua Mata Kuliah
– Login Kembali pada laman Tutorial Online dan setujui form Tuton

Update Tutorial Online https://sl.ut.ac.id/update-tutorial-online

Apa Saja Modus Pembejalaran di Universitas Terbuka

Kuliah di UT bisa dirumah tanpa harus kekampus, berikut 3 modus pembelajaran di Universitas Terbuka

1. Tutorial Online – Tuton
Tuton bersifat asinkronus, adalah kegiatan tutorial online yang diselenggarakan secara daring melalui jaringan internet
Berkontribusi 30% untuk nilai akhir, berlaku apabila nilai Ujian Akhir Semester minimal 30% jika nilai UAS dibawah 30% maka matakuliah tersebut tidak lulus walaupun nilai tuton sempurna,
– Akses tutorial online melalui elarning.ut.ac.id
– Jadwal dan informasi tutorial online dapat dilihat melalui aceh.ut.ac.id/tuton

2. Tutorial Webinar
Tutorial Berbasis Web (Tuweb) adalah modus tutorial yang bersifat online sinkronus (pada saat bersamaan) dan non-contiguous (tidak berdampingan)
Diperuntukan bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah tatap muka dan/atau ATPEM (mahasiswa yang mengambil mata kuliah non-ttm namun mengajukan skema tatap muka/tuweb
Berkontribusi 50% untuk nilai akhir, berlaku apabila nilai Ujian Akhir Semester minimal 30% jika nilai UAS dibawah 30% maka matakuliah tersebut tidak lulus
– Akses tutorial online melalui tutorial.ut.ac.id dan Microsoft Teams
– Jadwal dan informasi tutorial webinar dapat dilihat melalui aceh.ut.ac.id/tuweb

3. Tugas Mata Kuliah
Berkontribusi 20% untuk nilai akhir, berlaku apabila nilai Ujian Akhir Semester minimal 30% jika nilai UAS dibawah 30% maka matakuliah tersebut tidak lulus
Mahasiswa mengunduh, mengerjakan dan mengunggah tugas selama 3 kali
– Akses TMK melalui tmk.ut.ac.id
– Jadwal dan informasi Tugas Mata Kuliah dapat dilihat melalui aceh.ut.ac.id/tmk

Bagaimana Cara Akses Bahan Ajar Digital

Berikut panduan akses bahan ajar digital melalui android dan pustaka UT

1. Melalui Pustaka UT
– Akses laman pustaka.ut.ac.id/lib/ruangbaca
– Pilih matakuliah yang ingin dibaca
– Klik full text dan login dengan User : mahasiswa Password : utpeduli

2. Melalui Web
– Akses laman univterbuka.kotobee.com
– Login dengan email dan sandi ecampus (contoh 012345678@ecampus.ut.ac.id)
– Klik login

3. Aplikasi Android ABADI
– Unduh aplikasi melalui PlayStore Aplikasi Abadi
– Login dengan email dan sandi ecampus (contoh 012345678@ecampus.ut.ac.id)
– Sandi atau password default Ut+tanggal lahir (contoh : Ut08121980)
– Klik login

Apa Saja Skema Ujian di Universitas Terbuka

Berikut Skema Ujian di Universitas Terbuka

1. UTM – Ujian Tatap Muka
UTM dilaksanakan secara tatap muka, mahasiswa mengerjakan ujian pada LJU – Lembar Jawaban Ujian, wajib hadir langsung ke lokasi yang sudah ditentukan
– Total 5 Sesi, satu sesi 90 menit, Jenis ujian pilihan ganda
– Informasi lebih lanjut aceh.ut.ac.id/utm

2. UOMK – Ujian Online Mata Kuliah
UOMK dilaksanakan secara tatap muka, mahasiswa mengerjakan ujian secara online pada komputer, mahasiswa wajib hadir langsung ke lokasi yang sudah ditentukan
– Total 5 Sesi, satu sesi 90 menit, Jenis ujian pilihan ganda
– Informasi lebih lanjut aceh.ut.ac.id/uomk

3. THE – Take Home Exam
THE dilaksanakan secara online di tempat domisili masing-masing, jenis soal uraian/tulis tangan, mahasiswa mengunduh naskah soal & mengunggah BJU/Jawaban pada laman THE secara mandiri melalui the.ut.ac.id sesuai waktu pada KTPU
– Informasi lebih lanjut aceh.ut.ac.id/the

Bagaimana Cara Lihat Jadwal Ujian

Berikut panduan singkat cara cetak KTPU – Kartu Tanda Peserta Ujia untuk melihat jadwal dan lokasi ujian Universitas Terbuka Aceh

– Login ke myut.ut.ac.id
– Pilih Menu Ujian
– Klik Menu Jadwal dan Lokasi Ujian
– Klik Cetak untuk menyimpan file KTPU
– Print out KTPU dan dibawa saat ujian

Lihat panduan aceh.ut.ac.id/ktpu

Bagaimana Cara Pindah Lokasi Ujian

Untuk melakukan pindah lokasi ujian silahkan isi form pada laman aceh.ut.ac.id/form-ujian

Bagaimana Cara Cek Nilai Ujian Akhir Semester

Berikut langkah singkat cek nilai ujian akhir semester melalui MyUT

– Login ke myut.ut.ac.id
– Pilih Menu Ujian
– Klik Daftar Nilai Ujian
– Pilih Masa Ujian
– Isikan Masa Ujian
– Klik Cari
– Klik cetak untuk menyimpan file pdf

Lihat panduan aceh.ut.ac.id/cek-nilai

Bagaimana Jika Jam Ujian Bentrok Saat Registrasi

Tidak ada masalah bila terdapat matakuliah bentrok saat registrasi matakuliah

– Untuk jenis Ujian Tatap Muka, bila terdapat jam ujian bentrok maka salah satu matakuliah tersebut akan dialihkan secara otomatis oleh sistem ke Ujian Online
– Untuk matakuliah THE jika jam ujian bentrok maka dalam 1 hari ada 2 matakuliah yang harus diikuti
– Untuk matakuliah Ujian Online jika jam ujian bentrok maka akan otomatis terpindahkan oleh sistem ke sesi yang berbeda

Syarat Kelulusan dan Wisuda

– Program Diploma

a). Lulus semua mata kuliah yang dipersyaratkan (tanpa ada nilai E).
b). IPK minimal 2,00.
c). Nilai minimal C untuk mata kuliah: Praktik Kerja Perpustakaan dan Praktik Kerja Kearsipan (Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi) FHISIP.
d). Mahasiswa tidak sedang melakukan registrasi mata kuliah pada saat penetapan kelulusan dan tidak ada masalah administrasi akademik (pembayaran paket tertinggal, kelengkapan berkas registrasi).

– Program Sarjana

a). Lulus semua mata kuliah yang dipersyaratkan (tanpa nilai E).
b). Lulus TAP dengan nilai minimal C.
c). IPK minimal 2,00 kecuali untuk:
     1. program S1 PGPAUD IPK minimal 2,25
     2. program studi S1 Pariwisata IPK minimal 2,50
     3. program S1 Sistem Informasi IPK minimal 2,75.
d). Nilai minimal B untuk mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) FKIP.
e). Nilai minimal C untuk mata kuliah:
     1. Praktikum Prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia FKIP
     2. Praktik Kerja Lapangan (PKL) Program S1 Agribisnis FST
     3. Praktik Pengalaman Beracara Program S1 Ilmu Hukum FHISIP.
f). Mahasiswa tidak sedang melakukan registrasi mata kuliah pada saat penetapan kelulusan dan tidak ada masalah administrasi akademik (pembayaran paket tertinggal, kelengkapan berkas registrasi).

– Program Magister (S2) : Telah menyelesaikan seluruh mata kuliah yang dipersyaratkan dalam paket I, II, dan III dengan nilai mutu rata-rata atau IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) ≥ 3, tanpa nilai E dan D. Memiliki maksimal dua mata kuliah dengan nilai B- atau C. Lulus mata kuliah Metodologi Penelitian dengan nilai minimal B. Mempublikasikan Karya Ilmiah pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau diterima di jurnal internasional. Informasi lengkap terkait syarat kelulusan Program Magister dapat dilihat melalui katalog https://www.ut.ac.id/katalog/

– Program Doktoral (S3) : Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih besar atau sama dengan 3,25. Lulus mata kuliah dengan nilai minimal B. Memiliki sertifikat penyaji pada seminar internasional. Menyerahkan artikel atau bukti penerimaan artikel dari jurnal internasional bereputasi.

catatan:

a) Mahasiswa akan ditetapkan kelulusannya apabila sudah memenuhi syarat kelulusan dan sudah memperoleh Nomor Ijazah Nasional (NINa) yang diajukan melalui Sistem Penomoran Ijazah Nasional (PIN).

b) Mahasiswa yang telah ditetapkan kelulusannya oleh Dekan Fakultas selanjutnya akan dikukuhkan dengan SK Rektor.

c) Mahasiswa tidak sedang melakukan registrasi mata kuliah pada saat penetapan kelulusan dan tidak ada masalah administrasi akademik

Bagaimana Cara Melihat Informasi Yudisium

Untuk melihat apakah sudah tejaring yudisium atau belum silahkan akses aksi.ut.ac.id/alumni

Jika anda Sudha terjaring yudisium segera unggah surat pernyataan dan pas foto ijazah

Ketentuan Form Pas Foto Ijazah
– Foto terbaru pada saat mahasiswa dinyatakan Lulus/teryudisium
– Kualitas asli hasil studio foto
– Pencahayaan cukup terang dan jelas
– Foto berwarna (bukan putih) ukuran 3 x 4 (354/472 pixel)
– Posisi proporsional (jarak kanan kiri sama dan ujung pundak tidak terlihat)
– Wajah menghadap ke depan dan terlihat jelas
– Tidak menggunakan kacamata
– Memakai pakaian resmi tidak bercorak (bukan kaus atau T- shirt)
– Untuk laki-laki tidak memakai penutup kepala
– Untuk perempuan tidak memakai penutup wajah/cadar/burka.
– Format file berextensi JPG/JPEG dengan ukuran file maksimal 1 Mb
– File pasfoto yang di unggah bukan hasil foto sudah jadi kemudian difoto kembali/foto hasil scan

Selengkapnya aceh.ut.ac.id/kelulusan-20242

Kapan Pelaksanaan Wisuda

Untuk informasi pelaksanaan wisuda silahkan lihat melalui laman aceh.ut.ac.id/wisuda

Apakah Wisuda Berbayar

Mulai 2025 Wisuda di Universitast Terbuka berbayar
– Rp. 750.000 untuk program sarjana & diploma
– Rp. 1.000.000 untuk program pascasarjana

Bagaimana Cara Legalisir Ijazah Online

Cara Legalisir Ijazah Online melalui laman aksi.ut.ac.id

A) Ketentuan Ijazah Online
– Akses laman aksi.ut.ac.id/legalisir
– Isikan NIM, Tanggal Lahir, dan hasil penjumlahan kemudian klik “Cari”
– Klik menu “Buat Billing Pembayaran Legalisir”
– Lakukan pembayaran biaya legalisir ijazah Rp. 50.000 sesuai LIP/Billing tagihan
– Unggah file dalam format file jpg/jpeg dengan kualitas baik
– Ukuran file tidak melebihi 1 MB dan disarankan menggunakan mesin scan.
– File ijazah di scan dalam bentuk landscape, posisi logo ada diatas.
– File transkrip nilai disesuaikan dengan transkrip nilai Alumni dengan ketentuan :
a) Ukuran kertas A4 di scan dalam bentuk portrait, jika ada 2 sisi maka di scan dalam file terpisah.
b) Ukuran transkrip nilai dengan ukuran kertas A3 di pindai dalam ukuran A4 landscape dalam 1 file
B) Cara mencetak Legalisir Ijazah
– Alumni menginput nim, tanggal lahir dan hasil penjumlahan
– Setelah masuk ke menu legalisir, pada bagian paling bawah akan terdapat notifikasi proses legalisir saudara
– Legalisir bisa diunduh pada tombol printer saat notifikasi sudah berstatus legalisir telah selesai
– Masa berlaku dan batas legalisir adalah selama 3 bulan, lebih dari itu silakan ajukan legalisir kembali.

Cara Pindah Layanan Sipas ke Non Sipas

Mahasiswa dapat mengubah layanan Sipas ke Non Sipas dengan ketentuan berikut

– Khusus mahasiswa Pendas FKIP PGSD & PGPAUD tidak dapat mengubah layanan Sipas ke Non Sipas
– Mahasiswa Non Pendas dapat mengubah layanan Sipas ke Non Sipas atau sebaliknya jika belum pernah registrasi matakuliah di semester pertama
– Bila mahasiswa semester 1 sudah memiliki biling aktif belum membayar SPP dan ingin mengubah layanan Sipas dapat melakukan drop biling registrasi
– Mahasiswa baru dan on going yang sudah membayar SPP semester 1 atau semester berjalan tidak dapat mengubah layanan Sipas ke Non Sipas atau sebaliknya

Selengkpanya silahakn lihat katalog ut.ac.id/katalog

Bagaimana Cara Cuti Akademik di Universitas Terbuka

Kuliah di UT tidak ada DO (Drop Out), bila mahasiswa ingin cuti kuliah maka cukup dengan tidak melakukan registrasi matakuliah pada semester tersebut dan registrasi ulang di semester selanjutnya

Cara Ajukan Surat Keterangan Online

Jenis Permohonan Surat Keterangan yang dapat diajukan melalui aksi.ut.ac.id/sk

– Surat Keterangan Aktif (SKS).
– Surat Keterangan Aktif Sebagai Mahasiswa.
– Surat Keterangan Alumni.
– Surat Keterangan Bukan Kelas Jauh.
– Surat Keterangan Diterima Sebagai Mahasiswa.
– Surat Keterangan Proses PDDIKTI (Aktif).
– Surat Keterangan Proses PDDIKTI (Alumni).
– Surat Keterangan Lulus.

Bagaimana Cara Pindah UT Daerah

Bagi mahasiswa yang ingin pindah UT daerah dari UT Aceh ke UT Daerah lain atau sebaliknya silahkan ikuti langkah berikut

– Unduh dan isi form perubahan data pribadi Unduh Disini
– Kirimkan isian form tersebut ke whatsapp pelayanan mahasiswa untuk ditandatangi oleh pejabat UT Daerah 082214070605
– Penuhi semua persyaratan perubahna data pribadi

Bagaimana Jika NIM Belum Terdaftar di PDDIKTI

Jika NIM anda belum terdaftar pada laman pddikti.kemdikbud.go.id
Silakan membuat tiket pengaduan pada laman hallo-ut.ut.ac.id dengan menjelaskan kendala secara detail, sertakan NIM dan melampirkan bukti screenshot

atau kirimkan email pengaduan ke pddikti@ecampus.ut.ac.id